FEONT OFFICE DEPARTMENT

Front Office merupakan bagian yang sangat penting di hotel, baik itu di hotel kecil, maupun di hotel besar. Ia menampilkan kesan pertama dan terakhir untuk tamu yang menginap dan siapa saja yang berkunjung atau berinteraksi dengan hotel. Front Office juga merupakan pusat koordinasi antar semua department atau bagian yang ada di hotel.


Image by Bernd Müller from Pixabay

Ada 4 fungsi utama dari bagian Front Office, yaitu :

  1. Menangani pemesanan kamar (Reservation)
  2. Menangani kedatangan tamu (Arrival)
  3. Menangani tamu yang sedang tinggal di hotel (In House Guest)
  4. Menangani keberangkatan tamu (Departure)

Operasional Front Office Department biasanya dipimpin oleh seorang Front Office Manager (FOM). Jika hotelnya cukup besar, FOM biasanya dibantu oleh seorang Assistant Front Office Manager (AsFOM), kemudian di bawah itu ada beberapa Assistant Manager yang membawahi masing-masing seksi yang ada di Front Office Department.

Secara umum, seksi-seksi yang ada di bawah Front Office Department adalah :

  1. Seksi Reservation, biasanya dipimpin oleh Reservation Manager
  2. Seksi Front Desk, biasaanya dipimpin oleh Front Desk Manager
  3. Seksi Guest Relation, biasanya dipimpin oleh Guest Relation Manager
  4. Seksi Bell Service (Concierge), biasanya dipimpin oleh Chief Concierge aytau Bell Captain
  5. Seksi Telephone Operator (Communication), biasanya dipimpin oleh Chief Communication
  6. Seksi Butler, biasanya dipimpin oleh Butler Manager

Berikut Organization Chart untuk hotel menengah dan besar dengan pelayanan yang cukup lengkap :

Untuk hotel yang lebih kecil, susunan organisasi biasanya lebih sederhana, dengan mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas kerja pada hotel bersangkutan.