SALES & MARKETING DEPARTMENT

Sales & Marketing Department adalah bagian di hotel yang bertugas memasarkan dan menjual fasilitas dan aktivitas yang disediakan di hotel, terutama kamar, makanan dan minuman, serta layanan lainnya.

Sales & Marketing Department merupakan ujung tombak bagi hotel dalam melaksanakan strategi pencapaian pendapatan atau Revenue sesuai yang ditargetkan oleh management.


Image by Gerd Altmann from Pixabay

Sales & Marketing Department biasanya dipimpin oleh seorang Director of Sales & Marketing (DOSM). DOSM ini membawahi beberapa Sales Manager dan Sales Executive. Dalam kesehariannya, DOSM ini berhubungan sangat erat dengan General Manager, terutama berkenaan dengan strategi-strategi pemasaran terkini, mengingat semakin ketatnya persaingan.

Disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing hotel, Sales & Marketing Department biasanya mengelompokkan pekerjaannya menjadi beberapa bagian. Secara umum, bagian-bagian tersebut adalah :

  1. Sales - Asian Market
  2. Sales - European Market
  3. Sales - Domestic Market
  4. Sales - Catering & Event (MICE)
  5. Sales - E-Commerce
  6. Digital Marketing
  7. Social Media
  8. Revenue & Yield Management
  9. Public Relations

Berikut susunan organisasi Sales & Marketing Department.

Untuk hotel yang lebih kecil, susunan organisasi biasanya lebih sederhana, dengan mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas kerja pada hotel bersangkutan.