SALES & MARKETING - MARKET SEGMENT

Market Segmentation adalah pengelompokan target pasar ke dalam beberapa katagori. Konsumen dibedakan menurut beberapa karakteristik seperti demografi, ketertarikan, kebutuhan, serta asalnya.

Pengelompokan atau segmentasi ini sangat berguna untuk bagian pemasaran atau Marketing agar bisa menjalankan program pemasarannya secara lebih terarah, dan menjangkau target konsumen yang paling potensial, yang pada akhirnya bisa mendatangkan penjualan atau Sales dan penghasilan atau Revenue sesuai dengan diharapkan.


Image by Gerd Altmann from Pixabay

Dengan pengelompokan pasar atau Market Segmentation yang tepat, kita bisa lebih mengenal konsumen kita, mengidentifikasi apa yang mereka butuhkan, dan bisa menentukan bagaimana kita bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan produk dan pelayanan yang kita sediakan di hotel. Ini akan membantu bagian Marketing merencanakan dan menjalankan strategi pemasaran dengan lebih baik lagi.

SEGMENTASI MARKET HOTEL

Secara umum, hotel mengelompokkan konsumen atau tamunya berdasarkan beberapa katagori seperti berikut :

  1. Berdasarkan negara asal tamu, misalnya :
    • Asian Market.
    • Japan Market.
    • China Market.
    • Australian Market.
    • Middle East.
    • European Market.
    • American Market.
  2. Berdasarkan tujuan kunjungannya, misalnya :
    • Business.
    • Leisure.
    • Honeymoon.
    • Adventure.
    • Shopping.
  3. Berdasarkan kecendrungan umur atau kehidupannya, misalnya :
    • Remaja.
    • Pelajar / Mahasiswa.
    • Keluarga Baru / Young Couple.
    • Keluarga / Family.
    • Pensiunan / Retired.
  4. Berdasarkan jumlah rombongan, misalnya :
    • Indivudial.
    • Group.