SALES & MARKETING - FUNGSI
Fungsi Sales & Marketing Department secara umum adalah memasarkan dan menual fasilitas dan layanan hotel.
Fungsi Bagian Marketing :
- Memperkenalkan atau memromosikan produk dan layanan hotel kepada calon konsumen atau audiens.
- Menetapkan posisi hotel di pasar atau dikenal dengan Hotel Positioning.
- Menjaga dan meningkatkan citra baik hotel agar tetap eksis di hati konsumen atau dikenal dengan Brand Awareness.
- Menentukan target pasar atau Market Segment yang tepat sesuai dengan produk dan layanan yang dijual.
- Menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk meraih target pasar yang sudah ditentukan.
- Melaksanakan tugas pemasaran, menggunakan berbagai tehnik agar memperoleh hasil yang maksimal.
- Memonitor dan menganalisa sebaran pemasukan atau Hotel Revenue Share secara mendetail dan kontinyu, agar bisa menentukan
strategi pemasaran yang tepat.
- Melakukan evaluasi terhadap strategi dan proses pemasaran yang sudah dijalankan, serta melakukan perubahan jika diperlukan.

Image by
Michelle Maria from
Pixabay
Fungsi Bagian Sales :
- Melaksanakan strategi penjualan produk dan layanan yang telah digariskan oleh bagian merketing.
- Mengikuti pameran-pameran wisata baik nasional, regional, maupun internasional.
- Melakukan kunjungan atau Sales Call ke Travel Agent dan perusahaan-perusahaan agar mereka mau mebeli atau menggunakan produk dan layanan
hotel.
- Membuat dan memonitor perjanjian harga atau Contract Rate, baik dengan Travel Agency maupun perusahaan atau Corporate.
- Mengontrol alokasi kamar (Room Allotment) yang diberikan kepada Travel Agent, Booking Agent, atau Corporate,
agar selalu update dari waktu ke waktu sesuai yang sudah disepakati.