SALES & MARKETING - FUNGSI

Fungsi Sales & Marketing Department secara umum adalah memasarkan dan menual fasilitas dan layanan hotel.

Fungsi Bagian Marketing :

  1. Memperkenalkan atau memromosikan produk dan layanan hotel kepada calon konsumen atau audiens.
  2. Menetapkan posisi hotel di pasar atau dikenal dengan Hotel Positioning.
  3. Menjaga dan meningkatkan citra baik hotel agar tetap eksis di hati konsumen atau dikenal dengan Brand Awareness.
  4. Menentukan target pasar atau Market Segment yang tepat sesuai dengan produk dan layanan yang dijual.
  5. Menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk meraih target pasar yang sudah ditentukan.
  6. Melaksanakan tugas pemasaran, menggunakan berbagai tehnik agar memperoleh hasil yang maksimal.
  7. Memonitor dan menganalisa sebaran pemasukan atau Hotel Revenue Share secara mendetail dan kontinyu, agar bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat.
  8. Melakukan evaluasi terhadap strategi dan proses pemasaran yang sudah dijalankan, serta melakukan perubahan jika diperlukan.


Image by Michelle Maria from Pixabay

Fungsi Bagian Sales :

  1. Melaksanakan strategi penjualan produk dan layanan yang telah digariskan oleh bagian merketing.
  2. Mengikuti pameran-pameran wisata baik nasional, regional, maupun internasional.
  3. Melakukan kunjungan atau Sales Call ke Travel Agent dan perusahaan-perusahaan agar mereka mau mebeli atau menggunakan produk dan layanan hotel.
  4. Membuat dan memonitor perjanjian harga atau Contract Rate, baik dengan Travel Agency maupun perusahaan atau Corporate.
  5. Mengontrol alokasi kamar (Room Allotment) yang diberikan kepada Travel Agent, Booking Agent, atau Corporate, agar selalu update dari waktu ke waktu sesuai yang sudah disepakati.