SALES & MARKETING - DIGITAL MARKETING
Akhir-akhir ini, kita memasuki era baru, yaitu era serba digital. Papan-papan iklan yang beberapa tahun lalu bertebaran di pinggir jalan,
sekarang sepertinya tidak begitu mendapat perhatian lagi. Demikian juga dengan iklan-iklan di koran, radio, dan televisi, sudah semakin
ditinggalkan. Semua orang lebih sibuk dan asyik memandangi gadget atau telephone pintar mereka, tentunya
untuk melihat berbagai informasi yang tersedia di internet.
Ini menandakan bahwa pemasaran tradisional (Traditional Marketing) sudah tidak efektif lagi, dan cara pemasaran secara digital (Digital Marketing)
hadir untuk menggantikannya.

Image by
Anastasia Gepp from
Pixabay
Digital Marketing adalah cara pemasaran produk dan jasa, yang dilakukan dengan media digital. Media digital secara umum bisa diartikan media yang menggunakan
komputer dan internet. Digital Marketing dimaksudkan untuk menjangkau target konsumen sebanyak-banyaknya secara efisien, terarah, serta langsung ke orang yang
tepat, sesuai minat atau Interest dan kesukaan atau Preference mereka.
Seksi Digital Marketing pada Sales & Marketing Department biasanya dipimpin oleh seorang Digital Marketing Manager.
KOMPONEN DIGITAL MARKETING
Berikut adalah beberapa komponen yang tercakup dalam Digital Marketing :
- SEM / SEO
- SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing, dan SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimation.
- Secara singkat keduanya berarti cara meningkatkan visibilitas website pada mesin pencari seperti Google.
- SEM memiliki cakupan lebih luas dari SEO, dan SEO adalah salah satu cara SEM.
- Selain SEO, SEM juga mencakupkan iklan pencarian berbayar (Pay Per Click / PPC) dan Social Media.
- Tujuannya adalah agar calon konsumen lebih mudah dan lebih cepat menemukan website kita, karena website adalah representasi utama perusahaan
dalam Digital Marketing.
- Content Marketing
- Content Marketing adalah cara pemasaran melalui pembuatan dan pendistribusian konten.
- Konten adalah tulisan, gambar, atau video tentang perusahaan dan aktivitasnya.
- Konten yang relevan dan diposting secara konsiten akan bisa menarik dan mempertahankan konsumen atau audiens sebagai target pasar kita.
- Melalui konten yang bagus, audiens akan bisa mengenal produk dan layanan kita, dan pada akhirnya akan menjadi pelanggan yang selalu kembali
menginap atau menjadi Repeater Guest.
- Social Media Marketing
- Social Media adalah media atau cara orang berkomunikasi secara online melalui internet.
- Beberapa media sosial utama adalah Facebook, Instagram, Twitter, Linkedin, Youtube dan Pinterest.
- Aktif di media sosial akan meningkatkan brand awareness audiens terhadap hotel serta produk dan layanannya.
- Email Marketing
- Email Marketing adalah salah satu tehnik Digital Marketing dengan menggunakan Email sebagai medianya.
- Tehnik Email Marketing sangat efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan hotel kita.
- Email Marketing sangat efektif karena pesan pemasaran akan diterima dan dibaca secara langsung oleh calon pelanggan kita.
- PPC atau Pay Per Click
- PPC adalah salah satu tehnik Digital Marketing yang merupakan iklan secara online.
- Salah satu penyedia utama PPC adalah Google dengan Google Adwords-nya.
- Dengan menggunakan PPC, kita bisa menjangkau calon konsumen kita secara cepat atau instan, karena iklan yang kita buat baik berupa tulisan,
gambar, atau video, bisa tampil langsung di mesin pencari.
- Melalui iklan PPC, pemasaran bisa lebih terarah, karena iklan akan tampil sesuai kata kunci atau key words pencarian dari audiens.