HUMAN RESOURCES - TRAINING

Training atau Pelatihan adalah aspek yang sangat penting untuk menunjang operasional hotel secara keseluruhan. Pelatihan yang baik, teratur, dan kontinyu akan memastikan karyawan akan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada tamu hotel.

Berdasarkan waktu pelaksanaannya, pelatihan atau training dapat dibedakan sebagai berikut :

  1. Orientasi. Orientasi diberikan kepada karyawan yang baru masuk atau mulai bekerja. Untuk hotel yang baru akan dibuka, orientasi bisa diberikan secara bersama-sama kepada semua karyawan. Tapi untuk hotel yang sudah berjalan, orientasi bisa dilakukan dengan menunggu beberapa karyawan bergabung atau join di waktu yang bersamaan.
  2. In House Training. In House Training diberikan kepada karyawan yang sudah bekerja dalam rentang waktu yang cukup lama. In House Training ini diberikan sebagai penyegaran atau warming up kepada karyawan agar selalu up to date terhadap perkembangan yang terjadi di dunia pariwisata dan perhotelan pada khususnya.
  3. Cross Exposure Training. Cross Exposure Training biasanya diberikan kepada karyawan yang akan diberikan promosi atau peningkatan jabatan. Cross Exposure bisa dilakukan di department lain di dalam hotel yang bersangkutan atau di hotel cabang yang lain apabila hotel tersebut merupakan hotel yang menjadi bagian dari jaringan hotel baik yang lokal, nasional, atau internasional.

Berdasarkan materinya, Training atau Pelatihan bisa kita bedakan sebagai berikut :

  1. Orientation Program, yaitu pelatihan atau training dengan materi pengenalan hotel kepada karyawan baru. Materi yang disampaikan biasanya tentang sejarah hotel, susunan management, jumlah dan jenis kamar yang tersedia, fasilitas penunjang yang tersedia beserta layanan dan jam bukanya. JIka hotel merupakan anggota dari jaringan hotel, baik lokal, nasional atau internasional, maka akan diperkenalkan juga organisasi manajemennya, lokasi hotel-hotel cabang lainnya, serta program-program yang tersedia untuk tamu anggota jaringan hotel tersebut.
  2. Pelatihan Bahasa. Pelatihan Bahasa biasanya diberikan kepada karyawan yang bertugas memberikan pelayanan langsung kepada tamu, seperti bagian kantor depan (Front Office), Food and Beverage Service, Spa, dan juga Housekeeping. Pelatihan Bahasa yang diberikan biasanya tergantung darimana negara asal utama tamu yang menginap di hotel.
  3. My Guest My Cystomer. Pelatihan ini diberikan untuk meningkatkan pemahaman bahwa tamu hotel adalah bagian paling penting bagi kelanjutan operasional hotel. Dengan pelatihan ini diharapkan semua karyawan bisa memberikan pelayan terbaik kepada semua tamu yang datang ke hotel, baik yang menginap atau yang berkunjung saja.
  4. Train the Trainer. Pelatihan ini diberikan kepada senior staff yang akan memberikan training kepada bawahannya. Akan dijelaskan bagaimana cara memberikan training yang baik dan efektif agar peserta training bisa memahami materi yang diberikan dan dapat melaksanakannya dalam keseharian pekerjaan mereka.
  5. Management Trainee. Management Trainee biasanya diperuntukkan bagi anak yang baru tamat kuliah perhotelan. Hotel memberi kesempatan kepada satu atau beberapa orang yang dianggap potensial untuk mengikuti training ini, dengan harapan nantinya mereka bisa menjadi salah satu pimpinan hotel. Training dilakukan di semua department dengan waktu yang disesuaikan dengan kerumitan kerja di department tersebut, misalnya 1 bulan di Housekeeping, 1 bulan di F & B, 1 bulan di Engineering, 1 bulan di Human Resources, 2 bulan di Sales Marketing, 3 bulan di Front Office.

SCHOOL TRAINEE

Selain menangani training untuk staff atau karyawan yang sudah bekerja di hotel, Human Resources juga menangani trainee atau peserta magang dari sekolah-sekolah atau kampus-kampus yang bekerjasama dengan hotel.

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan agar program training sekolah atau kampus ini berhasil, diantaranya :

  1. Penerimaan peserta dilakukan melalui interview agar peserta yang diterima adalah benar-benar peserta yang memiliki minat dan bakat di bidang yang dipilih.
  2. Sebelum memulai training, peserta diberikan orientasi dan pelatihan tentang hotel dan pekerjaan yang akan mereka lakukan.
  3. Human Resources Department meminta laporan secara berkala dan kontinyu dari Department Head tentang progress training dari masing-masing peserta.
  4. Human Resources Department mengadakan evaluasi pelaksanaan training, dan saat program selesai, mengeluarkan sertifikat atau rekomendasi kepada peserta.