HUMAN RESOURCES - QUALITY CONTROL

Quality Control atau kontrol mutu layanan adalah juga merupakan tugas dan tanggung jawab Human Resources Department. Beberapa hal yeng perlu diperhatikan disini, diantaranya :

  1. Untuk menjaga mutu layanan agar tetap konsisten, Human Resources Department melakukan kontrol secara kontinyu terhadap kinerja semua karyawan.
  2. Human Resources Department berkoordinasi dengan Department Head mengawasi penerapan disiplin kepada karyawan. Karyawan yang tidak mematuhi disiplin perusahaan akan diberikan sanksi berupa peringatan atau warning dan refrimand. Peringatan bisa diberikan secara lisan maupun tertulis, dan biasanya diatur dalam Kesepakatan Kerja Bersama antara perusahaan dan organisasi karyawan.
  3. Appraisal atau penilaian kinerja bersama antara perusahaan dan karyawan diadakan setahun sekali. Karyawan yang berkinerja baik akan direkomendasikan untuk diberikan promosi atau kenaikan jabatan, dan karyawan yang berkinerja kurang baik akan dibina, dan jika pembinaan tidak berhasil, kemungkinan akan dipindah ke bagian lain atau diturunkan jabatannya.
  4. Perusahaan memberikan penghargaan kepada karyawan berprestasi, dengan harapan agar kinerja mereka bisa diikuti oleh karyawan lainnya. Penghargaan bisa dalam bentuk peningkatan remunerasi seperti gaji dan tunjangan, atau peningkatan status misalnya dari Daily Worker ke karyawan kontrak, dari karyawan kontrak menjadi karyawan tetap.
  5. Setiap bulan, perusahaan melakukan pemilihan karyawan terbaik, dan akan mendapat piagam Best Employee of the month. Pemilihan Best Employee juga dilakukan setiap 3 bulan, dan setiap tahun. Semua karyawan yang menjadi Best Employee mendapatkan hadiah seperti voucher menginap di hotel cabang, hadiah uang, hingga perjalan ke hotel cabang yang ada di luar negeri.