HUMAN RESOURCES - GENERAL AFFAIR

Selain menangani masalah karyawan atau kepegawaian, Human Resources Department juga menangani masalah-masalah yang berhubungan dengan pihak luar hotel, seperti pemerintah, masyarakat, pers atau media, dan yang lainnya.

Seksi yang menangani hubungan dengan pihak luar hotel ini biasanya disebut dengan General Affair atau Bagian Umum.

Tugas-tugas General Affair diantaranya :

  1. Menangani pengurusan ijin usaha hotel atau perusahaan. Disini General Affair menyiapkan formulir yang harus diisi, memintakan tandatangan kepada yang bersangkutan, menyerahkan formulir ke dinas atau instansi pemerintah yang berwenang menanganinya.
  2. Menangani ijin mendirikan bangunan, baik dalam membuat ijin baru ataupun revisi ijin yang sudah ada.
  3. Membantu pengurusan ijin kegiatan atau event yang diselenggarakan di hotel.
  4. Berkoordinasi dengan bagian Security Department untuk masalah keamanan dan pengamanan operasional hotel.
  5. Berkoordinasi dengan pemuka atau pimpinan masyarakat sekitar hotel, dalam rangka menjaga hubungan baik dengan masyarakat, agar operasional hotel berjalan dengan baik dan salaing menguntungkan.
  6. Membantu management dalam menangani CSR atau Company Social Responsibility dengan melakukan kegiatan kemasyarakatan seperti pembagian sembako, kunjungan dan donasi ke panti asuhan, pemberian sumbangan kepada keluarga yang tidak mampu, dan sebagainya.
  7. Mengikuti berita-berita seputar hotel dan pariwisata pada umumnya yang ditampilkan di media massa, dan mengantisipasi tampilnya berita-berita yang tidak menguntungkan, untuk menjaga nama baik hotel dan perusahaan.