HOUSEKEEPING - Membersihkan Public Area
Seksi Public Area bertugas membersihkan area-area umum di hotel, seperti lobby, koridor, restaurant, bar, lift, pantai, kids club, dan sebagianya. Untuk di
hotel besar, seksi ini dipimpin oleh seorang Public Area Manager, sedangkan di hotel yang lebih kecil biasanya cukup dipimpin oleh seorang Public Area
Supervisor. Staff yang bekerja di seksi Public Area disebut Public Area Attendant, atau Houseman untuk yang laki-laki, dan Housemaid untuk yang perempuan.
Sebelum melakukan tugasnya, Public Area Attendant harus mengetahui dan memahami alat-alat pembersih, bahan pembersih, tehnik pembersihan baik secara manual,
maupun pembersihan menggunakan mesin. Disamping itu, PA Attendant harus senantiasa memperhatikan karakter yang dibutuhkan untuk menjadi Housekeeping Staff
yang professional.
PEMBERSIHAN AREA LOBBY
Area lobby biasanya merupakan area yang luas, baik terbuka maupun tertutup (yang tertutup biasanya untuk hotel lobby yang menggunakan AC).
Area ini meliputi :
- Jalan masuk atau pintu masuk ke area lobby dari tempat berhentinya kendaraan tamu (lobby entrance)
- Meja kantor depan (Front Desk Counter)
- Area lobby-nya sendiri dan tempat duduk-duduknya / lobby lounge
- Lobby Toilet
- Koridor / Corridor
- Elevator dan Lift
Pembersihan area lobby dilakukan secara berkala, sebagai berikut :
- Pembersihan Harian, dilakukan lebih banyak pada pagi, atau disesuaikan dengan tingkat kesibukan atau aktivitas hotel. Pembersihan harian ini meliputi :
- Sweeping atau menyapu semua area lobby, corridor, dan area front desk menggunakan sapu ijuk dan dustpan sekali di pagi hari.
- Mengosongkan semua tempat sampah atau garbage can atau rubbish bin di semua area lobby, sekali di pagi hari, kemudian secara
kontinyu mengontrolnya, dan mengosongkan kembali jika ada yang hampir penuh.
- Membersihkan semua asbak atau ashtray di semua area, kemudian menaruhnya kembali pada tempatnya.
- Membersihkan semua keset atau doormat menggunakan sapu atau vacuum cleaner, sekali di pagi hari, kemudian secara berkala membersihkan kembali, jika
kotor lagi karena aktivitas tamu maupun karyawan.
- Membersihkan semua gambar dekorasi yang tertempel pada dinding menggunakan tehnik Dusting atau Damp Dusting, terutama bagian atas bingkai yang
biasanya sering berdebu.
- Membersihkan semua pesawat telephone (telephone handset) menggunakan tehnik Dusting dan Damp Dusting. Semprotkan pewangi agar pesawat telpon tidak berbau.
- Mengepel atau mopping semua lantai di area lobby, corridor, dan area belakang counter Front Desk, sekali di pagi hari; dan secara kontinyu
membersihkan area yang kemungkinan kotor lagi karena bekas injakan, menggunakan floor duster atau lobby duster.
- Jika lantai lobby menggunakan karpet atau permadani, dilakukan pembersihan menggunakan vacuum cleaner, sekali di pagi hari, dan jika ada bagian
yang kotor karena aktivitas dibersihkan menggunakan sapu terlebih dahulu; jika tidak bersih juga, digunakan vacuum cleaner lagi.
- Dusting atau Damp Dusting semua meja, kursi, meja counter Front Desk, meja Guest Relation, meja Bell Captain, meja Duty Manager, sekali di pagi hari;
kemudian secara kontinyu melakukan dusting atau damp dusting pada meja, kursi, dan peralatan lainnya yang kemungkinan kotor
setelah digunakan beraktivitas baik oleh tamu, maupun karyawan hotel.
- Membersihkan semua kaca pintu, jendela, tutup meja, dan kaca lainnya, menggunakan glass cleaner sekali di pagi hari, dan secara kontinyu
membersihkan kembali jika ada yang kotor karena aktivitas tamu maupun karyawan.
- Membersihkan pintu kayu, lis jendela baik dari kayu atau aluminium, semua kusen pintu dan jendela menggunakan tehnik Dusting atau Damp Dusting, sekali
di pagi hari, kemudian secara kontinyu membersihkan kembali bagian yang kotor karena aktivitas tamu maupun karyawan.
- Membersihkan semua pegangan atau gagang pintu dengan memoles atau mempolish menggunakan tehnik Polishing.
- Membersihkan semua stop kontak (socket) dan saklar (switch) menggunakan tehnik Dusting atau menggunakan kuas (paint brush). Ini harus dilakukan
secara hati-hati agar tidak kena setrum atau electric shock.
- Membersihkan lobby toilet secara teratur dan kontinyu. Cara atau Tehnik Pembersihan toilet ini akan dibahas secara khusus pada bagian lain.
- Pembersihan Khusus, dilakukan apabila suatu area sudah tidak bisa maksimal bersihnya jika dibersihkan dengan pembersihan harian. Untuk area lobby,
pembersihan khusus biasanya meliputi :
- Brushing dan dilanjutkan dengan Polishing pada lantai marmer, granit atau keramik yang sudah sangat kotor, agar terlihat bersih dan
bercahaya kembali.
- General Cleaning pada area di belakang counter Front Desk. Ini biasanya dilakukan pada malam hari, pada saat aktivitas tamu sudah hampir tidak ada.
- Pembersihan langit-langit lobby atau lobby ceiling, yang biasanya sangat tinggi, sehingga tidak mungkin dibersihkan dalam pembersihan harian.
- Pembersihan kaca bagian luar pada lantai 2, 3 dan lantai yang lebih tinggi. Ini dilakukan secara berkala, misalnya setiap bulan atau setiap dua bulan,
tergantung tingkat kekotorannya.
- General Cleaning sofa yang ada di lobby, karena meskipun sudah dibersihkan secara kontinyu setiap hari, akan ada saja kotoran yang menempel dan sulit
dibersihkan. General Cleaning sofa bisa dilakukan oleh PA Attendant, atau diserahkan ke perusahaan khusus pembersihan sofa.
PEMBERSIHAN KANTOR / OFFICES
Meskipun bukan area umum / public, pembersihan kantor-kantor di area hotel juga menjadi tanggungjawab Public Area. Beberapa kator atau offices di hotel
seperti ruangan untuk :
- Ruang pimpinan hotel (General Manager)
- Ruang asisten pimpinan hotel (Executive Assistant Manager/s)
- Ruang pimpinan divisi (Division Heads)
- Ruangan kepala bagian (Department Heads)
- Reservation office
- Sales and Marketing office
- Ruang personalia / HRD office
- F&B Office
- dan ruangan kantor lainnya.
Cara pembersihan Kantor / Offices kurang lebih sama dengan pembersihan area lobby. Hanya saja PA Attendant harus lebih hati-hati dan teliti, karena
ruangan kantor biasanya berisi file-file, dan banyak barang-barang pribadi manager yang masih ada di atas meja atau tidak disimpan di laci.
Urutan pembersihan kantor-kantor secara umum adalah sebagai berikut :
- Menyapu lantai / sweeping, sekali saja di pagi hari.
- Mengepel / mopping sekali saja di pagi hari.
- Memvacuum lantai yang menggunakan karpet, sekali di pagi hari.
- Mengosongkan dan membersihkan tong sampah atau rubbish bin.
- Membersihkan asbak / ashtray (jika ada).
- Dusting atau Damp Dusting meja-meja dan kursi-kursi.
- Membersihkan kaca-kaca pintu dan jendela, serta kaca penutup meja menggunakan glass cleaner.
- Membersihkan dinding yang kotor karena bekas dipegang atau karena sebab lainnya.
- Membersihkan gambar-gambar dekorasi, terutama bingkai bagian atas yang biasanya berdebu.
- Membersihkan switch dan socket listrik menggunakan cara dusting atau menggunakan kuas.
- Membersihkan sarang laba-laba jika ada, menggunakan sapu yang ada telescopic stick-nya.
- Membersihkan kamar mandi / toilet.
Selain pembersihan harian di atas, kantor-kantor juga harus dibersihkan secara khusus secara berkala sebulan atau dua bulan sekali.
PEMBERSIHAN RUANG PERTEMUAN / MEETING ROOM
Pembersihan ruang pertemuan / meeting room juga menjadi tanggung jawab Public Area. Meskipun tidak setiap hari, meeting room harus dibersihkan
minimal sekali seminggu pada saat tidak digunakan atau saat tidak ada meeting. Ini untuk menjaga agar peralatan yang ada selalu bersih dan tidak
rusak karena lembab atau jamur. Apabila sedang digunakan atau sedang ada meeting, pembersihan dilakukan setiap hari.
Cara pembersihan ruang meeting kurang lebih sama dengan pembersihan ruang kantor, yaitu :
- Menyapu lantai / sweeping, sekali saja di pagi hari.
- Mengepel / mopping sekali saja di pagi hari.
- Memvacuum lantai yang menggunakan karpet, sekali di pagi hari.
- Mengosongkan dan membersihkan tong sampah atau rubbish bin.
- Membersihkan asbak / ashtray (jika ada).
- Dusting atau Damp Dusting meja-meja dan kursi-kursi.
- Membersihkan kaca-kaca pintu dan jendela, serta kaca penutup meja menggunakan glass cleaner.
- Membersihkan dinding yang kotor karena bekas dipegang atau karena sebab lainnya.
- Membersihkan gambar-gambar dekorasi, terutama bingkai bagian atas yang biasanya berdebu.
- Membersihkan switch dan socket listrik menggunakan cara dusting atau menggunakan kuas.
- Membersihkan sarang laba-laba jika ada, menggunakan sapu yang ada telescopic stick-nya.
- Membersihkan kamar mandi / toilet.
Ruang meeting biasanya menggunakan banyak kain atau linen, seperti penutup meja / table cloth, penutup kursi, dekorasi, banner, dan sebagainya.
PA Attendant harus selalu memperhatikan kebersihan semua linen ini. Jika sudah kotor segera ganti dengan yang bersih.
PEMBERSIHAN AREA KARYAWAN
Area karyawan di hotel juga menjadi tanggung jawab Public Area. Beberapa ruangan untuk karyawan diantaranya :
- Loker.
- Ruang atau tempat istirahat.
- Toilet karyawan / staff toilet.
- Kantin atau Cafetaria.
- Ruangan Koperasi Karyawan.
- Ruang pertemuan karyawan.
- Tempat ibadah.
Pembersihan area karyawan dilakukan setiap hari dengan cara yang kurang lebih sama dengan pembersihan area kantor lainnya.