FINANCE - RECEIVING

Receiving adalah seksi yang juga sangat penting di Finance Department. Receiving Staff bertanggungjawab kepada Purchasing Manager.

Sesuai dengan namanya, Receiving bertanggungjawab menerima barang dibeli oleh Bagian Purchasing, dan memastikan barang yang datang sudah sesuai dengan Purchase Order.

Tugas utama dari Receiving adalah :

  1. Menerima barang yang sudah dibeli oleh Bagian Purchasing.
  2. Memastikan bahwa semua pembelian yang dilakukan sudah sesuai dengan Purchase Order.
  3. Mengeluarkan surat jalan kepada Supplier, hanya jika kondisi atau keadaan barang sudah bagus dan sesuai dengan Purchase Order.
  4. Mencatat dan memeriksa semua barang yang datang untuk kemudian diserahkan ke Bagian Store.
  5. Melakukan penolakan dan pengembalian barang, apabila kondisinya tidak sesuai dengan yang diorder.

Alur Kerja Receiving adalah sebagai berikut :

  1. Receiving menerima Purchase Order dari Bagian Purchasing.
  2. Receiving memastikan bahwa barang yang datang sudah sesuai dengan Purchase Order.
  3. Receiving mengeluarkan surat jalan kepada Supplier, jika barang yang datang dipastikan sesuai dengan yang diorder.
  4. Receiving menyerahkan barang yang dibeli kepada Bagian Store.
  5. Jika ada barang yang tidak sesuai, Receiving menolak dan mengembalikan barang tersebut kepada Supplier dengan persetujuan Purchasing Manager.
  6. Receiving menyiapkan laporan harian, bulanan dan tahunan.