FINANCE - GENERAL CASHIER

General Cashier adalah seksi yang juga sangat penting di Finance Department. General Cashier bertanggungjawab kepada Chief Accountant.

Sesuai dengan namanya, General Cashier bertanggungjawab mengelola semua uang Cash yang dimiliki oleh hotel, baik yang dalam mata uang Rupiah, maupun dalam valuta asing. Uang Cash disini dibedakan menjadi 2, yaitu Cash on Hand, dan Cash yang tersimpan di Bank.

Tugas utama dari General Cashier adalah :

  1. Mengelola uang Cash atau Petty Cash yang tersimpan di General Cashier.
  2. Mengontrol uang Cash atau Petty Cash yang digunakan oleh Front Office Cashier, dan semua outlet cashier.
  3. Mengelola uang cash yang tersimpan di bank, baik dalam mata uang Rupiah, maupun mata uang asing.
  4. Mengelola cek dan bilyet giro agar pencatatannya rapi dan struktur.
  5. Mengelola Buku Kas dan Buku Bank agar semua transaksi Cash tercatat dengan baik.
  6. Menerima semua pemasukan hotel dalam bentuk Cash, baik yang dibayarkan langsung oleh tamu, maupun yang diterima melalui tagihan piutang atau City Ledger.
  7. Membayar semua tagihan atau kewajiban hotel, baik dengan cash, check, Bilyet Giro, maupun bank transfer.

Alur Kerja General Cashier adalah sebagai berikut :

  1. General Cashier memastikan bahwa posisi Cash saai ini sudah dan selalu sesuai dengan Buku Besar Perusahaan.
  2. Jika ada ketidaksesuaian dengan Buku Cash Perusahaan, General Cashier segera mengambil tindakan dengan mengecek Petty Cashnya sendiri dan juga Petty Cash Front Office Cashier serta Outlet Cashier.
  3. General Cashier menerbitkan cek sesuai dengan Purchase Order, yang kemudian ditandatangani oleh Finance Controller dan General Manager.
  4. General Cashier memastikan bahwa uang Cash selalu tersedia dalam jumlah yang cukup untuk operasional, terutama yang menyangkut kebutuhan pembayaran jangka pendek.
  5. General Cashier membuat laporan posisi Cash harian, bulanan dan tahunan, kemudian menyerahkannya kepada Chief Accountant.